Kamis, 01 Maret 2012

Sikhae


Sikhae adalah salah satu yang paling terkenal dalam masyarakat Korea. Chosun Yorihak menyebutkan, " kualitas teh Cina tidak ada yang bisa dibandingkan dengan sikhae orang Korea dari penampilan luarnya dan kecantikan estetikanya sejauh ini bersih dan mantap rasanya". Penulis majalah tersebut juga mengungkapkan, "Sikhae dapat melancarkan pencernaan dan aliran darah, mengurangi berat badan, dan menjernihkan pikiran, jika dikonsumsi secara teratur".


Makanan ini dulu menjadi minuman ringan para bangsawan dinasti Chou. Rasa punch beras ini bergantung pada rasa dan kualitas biji berasnya.

Sikhae dibuat dari beras ketan atau beras biasa, barley sprouts, dan madu atau gula. Beras ketan diadoni secara merata, tapi jika berasnya tidak mengambang di permukaan, di tenggorokan akan terasa kasar. Berasnya juga biasanya melekat di perut. Ada beberapa macam sikhae, yaitu sokkamju, yang terbuat dari campuran beras, gula merah, madu dan kacang, yang direbus sampai beras berubah warna menjadi merah. Sikhae dari beras yang disaring, dihias dengan pinenuts atau irisan jujube. Lalu disajikan untuk persembahan para nenek moyang dan disajikan sebagai makanan penutup.


Source: Korean Tradisional Desserts

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites