Senin, 05 Desember 2011

Operasi Plastik yang Membudaya di Korea

Operasi Plastik Menjadi Kebudayaan Korea

Diposkan oleh Lee Boom


Artikel tentang Operasi Plastik udah cukup lama dibahas , tapi kali ini saya akan coba sedikit jelasin tentang Operasi Plastik yang hasilnya bisa wow banget. Kebetulan Operasi Plastik ini sempat dijelaskan oleh salah satu member forum yang saya ikutin, dan untungnya beliau adalah mahasiswi jurusan plastic surgery di Jerman.
Sebelumnya saya akan mengenalkan 3 jenis operasi plastik yang paling dilakukan orang atau artis Korea:


Eyelid Surgery
Alias Operasi Plastik kelopak mata. Ini mungkin yang paling populer di sana mengingat mereka umumnya cuma punya single eyelid. saya harus menyensor gambar di bawah ini karena emang kelopak matanya disayat beneran. Dan kalau kalian perhatiin, yang warna merah itu adalah darah yg keluar.


kalau mau lihat uncensored, lihat di sini


Rhinoplasty
Operasi Plastik hidung. Tentu saja dilakukan bagi yang ingin hidungnya yang awalnya bengkok/pesek jadi mancung lurus. Kalau mau lihat gambarnya, silahkan cek di sini.


Jaw Shaping
Ini juga cukup sering dilakukan oleh orang-orang di Korea sana. Mengingat rahang mereka petak dan besar-besar. Makanya mereka menghaluskan rahang dengan cara ‘dikikis’ (bahasa sehari2) sehingga rahang mereka terlihat ramping dan berbentuk V-line. Penyembuhannya bisa 2-3 bulan.


Magnetic Resonance Imaging atau Pencitraan Resonansi Magnetik atau istilah sederhananya adalah scanner.


Jadi organ-organ tubuh kita digambarkan secara detail, termasuk tulang. MRI beberapa tingkat lebih maju dibanding x-ray (yang suka dipakai adalah rontgen). Jadi MRI pada pasien yg mau di Operasi Plastik bukan ditujukan untuk mencari kelainan (kanker atau tumor) tapi sekedar mencari titik khusus *istilahnya soft point* untuk “mengebor” kepala supaya tidak terjadi malpraktek. Kalau sering liat Greys Anatomy pasti pasti tahu alat ini.


Yang dipakai di Korea adalah teknik Operasi Plastik internal, bukan eksternal. Maksudnya adalah, kulit muka diangkat dulu, kemudian tulang-tulang dan otot wajah yang ada di bawah kulit epidermis dibenerin. Misal, kalau mau mancung, tulang hidung diimplan pakai tulang rawan transplantasi dari bagian tubuh kita sendiri, dan rasanya sangat sakit. Di Eropa, teknik ini dipakai untuk yang cacat genetik seperti tulang mulut bersatu dengan hidung atau yang punya mata satu, tapi di Korea malah digunakan untuk Operasi Plastik.

Sekedar catatan tambahan :


Teknik Operasi Plastik di Korea yang sangat canggih mulai booming di tahun 2004, jadi untuk mengetahui seseorang itu Operasi Plastik atau tidak, tidak bisa hanya dengan memegang/meraba bagian yang dicurigai sudah terkena pisau bedah. Tapi kalau masih penasaran juga, lebih baik melihat video lama dan baru dari orang tersebut. Karena foto memiliki banyak kekurangan, seperti :
1. Angle saat difoto dan kualitas pixel.
2. Tahun foto dibuat.
3. Make up. Make up tahun 1999-an banyak yang aneh2, seperti alis dikerok habis dan dandanannya lumayan menor. Jadi belum tentu artis yang dulunya wajahnya aneh sekarang kelihatan lebih cantik karena Operasi Plastik.
4. Miracle of tech. Skin treatment yang hasilnya mulus baru ada tahun 2004-an. Tidak mungkin membandingkan foto Kim So Eun berusia 17 tahun (tahun 2006) dengan Lee Yo Won (tahun 1997), karena tahun foto diambil berbeda dan make up nya pun beda (ini hanya sekedar ilustrasi).




Teknologi kecantikan Korea yang maju salah satu bahan bakunya dari Indonesia. Yaitu buah manggis yang digunakan sebagai bahan untuk Operasi Plastik-2an. Kalau kita luluran pake manggis, muka akan terasa kenyal dan kinclong, flek hitam langsung luntur. Manggis mengandung senyawa xamthone yang memiliki antioksidan 10 kali lipat dari blueberry (yang katanya paling banyak antioksidannya). Lumayan nih nambah ilmu… hehehe..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites