Senin, 05 Desember 2011

Gyeongju, Kota Kerajaan Silla Terbesar di Korea Selatan



Gyeongju adalah ibu kota kerajaan kuno Silla (57 SM – 935 M), kota di pesisir pantai Laut Jepang yang terletak di sudut tenggara Provinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan.

Kerajaan Silla muncul pada akhir milenium ke-1, dan menguasai hampir seluruh Semenanjung Korea dari abad ke-7 hingga 9. 

Banyaknya tempat bersejarah di Gyeongju menjadikan kota ini sebagai salah satu tempat terpopuler bagi tujuan wisata di Korea Selatan.
Gyeongju sering disebut sebagai "the museum without walls" (museum tanpa dinding) karena banyaknya situs-situs peninggalan jaman Silla yang tersebar dipelosok kota.  


Sejumlah besar situs arkeologi dari periode ini hingga kini masih dapat ditemukan di Gyeongju dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO seperti: Seokguram grotto, kuil Bulguksa,  Kota bersejarah Gyeongju dan Yangdong.
Kebanyakan situs peninggalan Silla berlokasi di Taman Nasional Gyeongju seperti Kompleks Makam Kerajaan, observatorium Cheomseongdae yang merupakan peninggalan observatorium astronomi tertua diAsia Timur, kolam kerajaan Anapji, dan hutan Gyerim. Museum Nasional Gyeongju menyimpan berbagai artifak penting serta benda - benda bersejarah dari lokasi sekitar daerah Gyeongju.

Sejak tahun 1962,  setiap tahun  diadakan Festival Budaya Silla  yang berlangsung setiap bulan Oktober untuk merayakan dan menghormati kebudayaan serta sejarah dinasti ini. 

Festival ini termasuk dalam salah satu festival terbesar di Korea. Acara festival ini termasuk lomba atletik, permainan tradisional, musik, tarian, sastra dan upacara keagamaan Buddha. 





sumber : www.kagakribet.com/travel.php/yf29wr44ng55/Gyeongju-Kota-Kerajaan-Silla-Terbesar-Korea-Selatan/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites