Rabu, 29 Februari 2012

Honeyed Rice Cake (Yaksik)


Yaksik atau Yakpap adalah kue beras yang lengket, dan menrupakan makanan penutup paling favorit yang biasanya disediakan dalam festival-festival. Kue ini biasanya dipusatkan pada makanan diet untuk dihidangkan pada hari dimana bulan penuh pertama kali muncul dalam setiap tahun baru, yaitu 15 Januari, menurut kalender lunar.

Menurut buku Samguk Yusa, asal muasal kue ini dimulai pada saat pemerintahan Raja ke-21 Kerajaan Shilla, King Soji. Setelah 10 tahun masa pemerintahannya, dia diberi tahu oleh seekor burung gagak bahwa akan datang sebuah marabahaya. Jadi ia bisa bersiap-siap dan menyelamatkan dirinya. Raja memerintahkan agar yaksik dimasak untuk diberikan kepada gagak-gagak sebagai bentuk terima kasihnya.Kebiasaan ini terus menurun dari generasi ke generasi. dan dijadikan sebagai makanan dietal yang disajikan di seluruh dunia dalam acara festival pada 15 Januari.

Yak dari kata yaksik sendiri mempunyai dua makna, yaitu obat (sebagai penyembuh penyakit), dan menguntungkan. Oleh karena itu, Yaksik didefinisikan sebagai makanan yang baik. Di Korea, Yak juga berati madu. Yaksik berwarna kecoklatan, tampak berminyak, dan rasanya lezat.

Source: Korean Traditional Desserts

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites