Senin, 07 November 2011

Definisi Samulnori

Samulnori berarti empat instrumen (kwaengwari, jing, janggu, dan buk) yang dimainkan oleh para musisi. Samulnori berakar pada ajaran Budha dan musik petani, tetapi gayanya telah berubah selama bertahun-tahun dan berevolusi dengan cara yang berbeda.

Kwaengwari

Jing

Janggu

Buk


Musik Samulnori adalah musik tradisional yang konteksnya berbeda-beda. Dalam Nong-Ak (musik petani), band profesional beranggotakan 24 atau lebih pemain yang tampil. Mereka biasanya mencakup delapa musisi memainkan instrumen alat musik, delapan penari menari menggunakan Sogo (alat musik tradisional korea yang dipegang dan dapat mengeluarkan bunyi bisa diputar), dan delapan aktor yang meniru karakter dan Taepyoungso (obo kerucut) pemain. Para musisi dalam sebuah band Nong-Ak memainkan Samul (empat instrumen) yang dimainkan musisi bernama Samulnori.

Samulnori mirip dengan alat yang digunakan dalam ajaran Budha. Tradisi Budha menggunakan benda yang tidak sepenuhnya digunakan untuk tujuan hiburan seperti yang disebut Samul. Yang pertama adalah bagian dari gaya hidup ritual candi yang disebut Beopgo (bentuknya mirip Bedug Masjid, ditutupi kulit sapi) dan dimainkan di depan Sang Budha. Yang kedua yaitu Unpan (sejenis Gong) yang ditempatkan di dapur dan digunakan untuk memanggil para Biksu ketika waktu makan tiba. Yang ketiga adalah Mokeo (sebuah kayu berongga berbentuk ikan mas) yang dipukul ketika Sutra dibaca. Yang ke empat yaitu Beomjong (lonceng raksasa). instrumen musik yang menyertai tarian ritual Beomp’ae juga dikenal sebagai Samul. Ini termasuk Cheng, Buk, Taepyoungso, dan Moktak.

Beopgo

Mokeo

Unpan

Beomjong




















Samulnori adalah musik yang berhasil mendominasi dunia musik Korea pada tahun 1980-an. Digambarkan sebagai transformasi dari Nong-Ak (yang dilakukan di luar ruangan) menjadi bentuk yang sesuai untuk tahap modern. Yang penting adalah musik Samulnori telah memberikan impaksi yang luar biasa kepada sejarah musik modern Korea, khususnya selama era 80-an. Hal ini telah mencakup 6 benua dalam perjalanannya. Dan bagi mereka yang letih, Samulnori telah memberikan angin segar yang mengejutkan. Lebih dari seribu pertunjukan di rumah dan di luar negeri dan memproduksi lebih dari enam belas album yang telah menjadi hasil dari getaran kelompok global.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites