Minggu, 10 Juli 2011

Hangeul




Bagi kamu-kamu yang merasa tertarik untuk belajar bahasa Korea tidak perlu khawatir karena di sini semuanya diajarkan dari awal. Nah, sebelumnya kamu harus belajar dulu “Hangeul” nih. Bagi yang belum tahu “Hangeul” itu apa , jadi Korea memakai sistem huruf yang dinamakan “Hangeul” dalam kehidupan sehari-hari. “Hangeul” dibuat pada jaman Chosun tahun 1443 oleh Raja Sejong dan beberapa ilmuwan saat itu. Sebelum “Hangeul” diciptakan, rakyat Korea menggunakan huruf karakter Cina dalam kehidupan sehari-hari. Namun karena huruf  karakter Cina  jumlahnya sangat banyak, rumit, serta susah dipelajari, seringkali rakyat jelata Korea menghadapi kesulitan untuk menggunakannya. Raja Sejong yang mengasihi rakyatnya membuat sistem alfabet Korea yang sesuai untuk melambangkan bunyi bahasa Korea serta mudah dipelajari, sistem alfabet ini yang kemudian disebut “Hangeul”. “Hangeul” terdiri atas 40 buah alfabet, yakni 19 buah konsonan dan 21 buah vokal.

Vokal Dasar
(a),(ya),(eo),(yeo), (o) , (yo), (u),(yu), (e),(i)
Vokal Gabungan
(ae),(yae),(e),(ye), (wa), (wae), (we), (wo), (we), (wi), (ei)
Konsonan Dasar
(k,g), (n), (t,d), (r,l), (m), (p,b), (s,sh), (ng), (j,c), (ch), (kh), (th), (ph), (h)
Konsonan Ganda
(kk), (tt), (pp), (ss), (jj)

Alfabet Hangeul harus ditulis dengan mengumpulkan konsonan dengan vokal. Konsonan ditempatkan pada posisi bunyi awal dan bunyi akhir suku kata, sementara vokal ditempatkan pada posisi bunyi tengah. Cara menggabungkan konsonan dan vokal menjadi suku kata adalah sebagai berikut.
Bunyi awal (konsonan) + bunyi tengah (vokal) =
Bunyi awal (konsonan) + bunyi tengah (vokal) + bunyi akhir (konsonan) =
Bunyi awal (konsonan) + bunyi tengah (vokal) =

Terdapat vokal yang dibentuk secara vertikal dan ada yang dibentuk secara horizontal. Adalah voakl vertikal sementara adalah vokal horizontal. Konsonan dituliskan di sebelah kiri vokal bila digabungkan dengan vokal vertikal, sementara konsonan dituliskan di atas vokal bila digabungkan dengan vokal horizontal.
+ =
+ =
+ =

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites